Masjid di Kawasan Asia, Masjid Bersejarah di Asia

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Hallo sahabat selamat datang di blog kami, kali ini kita akan membahas beberapa masjid yang bersejarah di kawasan Asia.


Masjid Bersejarah  di Asia

Dalam sejarah Islam, pendirian masjid dikaitkan dengan perluasan wilayah Islam dan pembangunan kota-kota baru. Sejarah mencatat bahwa pada masa permulaan perkembangan Islam ke berbagai negeri, umat Islam ketika menetap di suatu daerah baru membangun masjid sebagai salah satu sarana untuk kepentingan umum.

Masjid merupakan salah satu karya budaya umat Islam di bidang teknologi konstruksi yang telah dirintis sejak masa permulaanya dan menjadi ciri khas dari suatu negeri atau kota Islam. Beberapa masjid di Asia berikut ini adalah masjid yang mempunyai nilai sejarah sekaligus mempunyai keistimewaan dari segi arsitekturnya. Sebenarnya terdapat banyak masjid masjid yang bersejarah di kawasan Asia ini, Namun kami hanya akan membahas beberapa saja. Berikut beberapa masjid bersejarah si kawasan Asia.


-Masjidilharam

Masjidilharam yang merupakan satu dari tiga masjid terpenting (dua masjid lainnya : Masjidil Aqsa dan Masjid Nabawi) dalam sejarah Islam terletak di kota Mekah, Arab Saudi. Masjid ini pula merupakan masjid pertama dan tertua di muka bumi ini.
Masjidilharam terdiri atas deretan tiang-tiang penyangga dan dinding (disebelah utara setinggi 12,63 m, disebelah timur 11,22 m, di sebelah barat 13,10 m, dan di sebelah barat laut 11,03 m). Tiang penyangga masjid ini berjumlah 589 buah, masing-masing tiang dengan ketinggian sekitar 6 m. Masjidilharam mempunyai 7 menara dan 152 kubah kecil.
Di bagian tengah Masjidilharam terdapat bangunan Ka'bah (kiblat) dengan ketinggian 13 m. Pada tahun 1992, Raja Fahd bin Abdul Aziz dari Arab Saudi memperluas area masjid sehingga mampu menampung lebih dari satu juta jemaah
Masjidil haram merupakan masjid yang banyak di kunjungi karena Masjidil haram merupakan tempat yang di jadikan untuk ibadah haji dan umrah.


-Masjidil Aqsa

Masjid tertua kedua di dunia ini terletak di Yerusalem, Palestina. Masjidilaksa berlokasi di sebuah area yang berbentuk persegi empat dengan luas sekitar 133.950 m2 (285 x 470 m).
Masjid ini berbentuk serambi kiblat. Masjidilaksa dirancang untuk tahan terhadap gempa bumi yang sering terjadi di wilayah sekitarnya dan mampu menampung ribuan jemaah. Letak Masjidilaksa tidak jauh dan mampu menampung ribuaan jemaah. Letak Masjidilaksa tidak jauh dari Masjid Umar (Qubbah as-Sakhrah), yang dibangun pada 691 M oleh khalifah Abdul Malik bin Marwan, penguasa Dinasti Umayah.
Masjid ini mempunyai sejarah yang lekat terhadap Islam di masa Rosulullah Saw, kerena masjid ini yang merupakan kiblat pertama umat muslim sebelum Masjidil haram.


-Masjid quba

Masjid quba merupakan masjid yang pertama kali di bangun oleh Rosulullah saw pada saat beliau melakukan hijrah dari mekah menuju madinah.
Masjid quba terletak di perkampungan quba sekitar 5 km di sebelah tenggara kota madinah, masjid ini di bangun pada 8rabiul awwal tahun pertama Hijriah, tepatnya 23 september 622 Masehi.
Dari kejauhan masjid ini maka akan terlihat empat menara Putih tinggi menjulang yang menjadi ciri khasnya, dan keunikan masjid yang berdiri di atas tanah seluas 5.035 meter persegi ini yaitu memiliki taman depan dan belakang dengan deretan pohon kurma yang rindang yang bila di bandingkan dengan masjid masjid lain di madinah yang jarang sekali memiliki taman depan apalagi dengan pohon kurmanya.
Masjid quba selalu jadi tujuan utama ziarah para jamaah haji, tidak heran kalau masjid ini selalu di padati jamaah. Masjid yang dahulunya sederhana itu kini tampil begitu megah nan indah.


-Masjid Nabawi

Masjid Nabawi terletak di kota Madinah, Arab Saudi, dan dibangun pada Rabiulawal 1 H (623 M). Pada masa awal pembangunannya, masjid ini mempunyai tiga buah pintu. Pintu ketiga yang menghadap ke Baitulmakdis ditutup pada 11 H (633 M) karena terjadi pertukaran arah kiblat ke Ka'bah di Mekah. Sampai saat ini Masjid Nabawi mempunyai sepuluh pintu dan lima buah mihrab. Masjid Nabawi mempunyai taman yang disebut Raudah al-Jannah (Taman Surga) yang terletak antara makam Nabi SAW dan mimbar. Di dalam kompleks masjid ini terdapat pula makam dia khalifah yakni Abu Bakar as-Siddiq  dan Umar bin Khatab. Pada saat ini, Masjid Nabawi telah menjadi sebuah bangunan modern dengan teknologi canggih yang terlihat dari kubah masjid yang dapat dibuka secara otomatis.


-Masjid Sulaimaniyah

Masjid Sulaimaniyah didirikan pada 1550, di masa pemerintahan Sultan Sulaiman I. Masjid yang terletak di kota Istanbul ini merupakan masjid terbesar di Turki. Bagian interior maupun eksterior masjid sangat indah, didesain oleh arsitek Turki yang bernama Mimar Sinan. Masjid Sulaimaniyah mempunyai empat buah menara pada keempat sudutnya. Kubah Masjid berdiameter kurang lebih sekitar 26.5 m dengan ketinggian 53 m.


-Masjid Hagia Sophia

Masjid Hagia Sophia yang terletak di Istanbul, Turki berasal dari sebuah bangunan gereja yang didirikan pada masa Constantinus, penguasa Kekaisaran Bizantium. Gereja tersebut direnovasi menjadi bangunan masjid pada pemerintah Sultan Muhammad II pada 1453. Masjid ini mempunyai empat buah menara, sebuah mimbar, sebuah kubah besar setinggi 56 m dengan diameter 33 m, dan dihiasi dengan kaligrafi dari masa Kesultanan Usmani Turki (ottoman). Pada 1932 Mustafa Kemal Ataturk (1881-1938), pendiri Republik Turki, mengubah Masjid Hagia Sophia ini menjadi museum. di tanggal 10 juli 2020 yang lalu hagia sophia kembali di ubah menjadi masjid di hadiri langsung oleh presiden turki Recep Tayyip Erdogan pada saat presmiannya.


-Masjid Quwwat al-Islam

Masjid Quwwat al-Islam adalah masjid pertama yang dibangun di India. Masjid ini didirikan oleh Qutbuddin Aybak, sultan Mughal, di kota Delhi pada 1235. Masjid Quwwat al-Islam merupakan perpaduan budaya Islam dan India yang terlihat dari penggunaan motif floris, kaligrafis dan geometris. Masjid ini berdampingan dengan Qutub Minar yaitu menara tempat mengumandangkan azan. Qutub Minar mempunyai lima tingkat dan tingginya mencapai 73 m. Menara ini berbentuk silinder dan terbuat dari batu berwarna kemerahan yang diselengi pualam putih.


-Masjid Jami Delhi

Masjid yang didirikan pada 1650 ini merupakan salah satu masjid terbesar di India. Masjid Jami Delhi dibangun Syah Jehan, sultan Dinasti Mughal. Masjid ini didesain oleh Ostad Khalil dan dapat disebut sebagai replika dari Masjid Moti di Agra. Masjid Jami Delhi memiliki dua buah menara setinggi 130 kaki, tiga pintu gerbang, tiga kubah dan sebuah mimbar terbuat dari marmer. Pintu masjid dihiasi lengkungan kecil dan mempunyai tangga masuk ke ruangan dalam. Halaman masjid ini sangat luas dan mampu menampung sekitar 25.000 jemaah.


-Masjid al-Mutawakkil

Masjid al-Mutawakill terdapat di kota samarra, Irak. Masjid ini di bangun pada masa khalifah al-Mutawakkil pada tahun 849-851 M. Kompleks masjid ini sngat luas dan dindingnya di bangun dari batu bata.
Masjid  al-Mutawakkil mempunyai menara yang berbentuk spiral yang tingginya 55 m. Bentuk menara spiral ini di ilham bentuk menara pada masa Babilonia. Menara ini di bangun 8 lantai dan di lengkapi dengan tangga memutar di bagian luar.


-Masjid Umayah

Masjid Umayah terletak di kota Damascus, Suriah. Masjid ini semula adalah sebuah bangunan gereja. Khalifah al-Walid I mengubah bentuk asli gereja tersebut menjadi bangunan masjid. Tetapi masjid yang dibangun al-Walid I terbakar pada tahun 461 H (1069 M). Bangunan baru ini memiliki tiga buah menara, tiga kubah, empat mihrab dan empat gapura. Kubah di sebelah barat disebut Kubah Aisyah, merupakan kubah terbesar, sedangkan kubah di sebelah timur disebut Kubah Zainal Abidin. Jendela masjid ini terbuat dari kaca yang berwarna-warni, lantainya dari marmer, sedangkan mihrabnya dihiasi dengan mozaik dan permata.


-Masjid Istiqlal

Masjid terbesar di Asia Tenggara ini terletak di Jakarta, Indonesia. Masjid ini diresmikan pada 22 Februari 1978, akan tetapi pembangunannya terus berlanjut sampai 1987. Masjid Istiqlal mempunyai daya tampung sekitar 200.000 jemaah. Luas bangunan induk masjid hampir 4 ha. Halaman dan taman masjid mempunyai luas 9 hektar dan dapat menampung sekitar 800 kendaraan roda empat. Lantai dasar masjid merupakan kompleks perkantoran, antara lain kantor Majelis Ulama Indonesia, Perpustakaan Islam Indonesia, Dewan Masjid Asi Pasifik, Dewan Masjid Indonesia, Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur'an, Badan Pengelola dan Ta'mir Masjid Istiqlal.

sebenarnya masih banyak masjid-masjid bersejarah di kawasan Asia, Namun walaupun tidak semua kami cantumkan semoga dapat menambah wawasan kita semua.

Demikian pembahasan kita kali ini mudah-mudahan bermanfaat dan dapat menambahkan kecintaan kita terhadap islam.  Mohon maaf bila ada kesalahan. 
Jangan lupa di share. Terimakasih.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar untuk "Masjid di Kawasan Asia, Masjid Bersejarah di Asia"