Ka'bah tempat suci orang islam

 Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Hallo sahabat!!
Kali ini kita akan mencoba membahas sedikit tentang tempat suci dan kiblatnya orang Islam yaitu ka'bah.



Ka'bah merupakan tempat suci dan di jadikan kiblatnya orang muslim. Ka’bah dinamakan sebagai Bayt al ‘Atiq merupakan bangunan yang dipugar pada masa Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail setelah Nabi Ismail berada di Mekkah atas perintah Allah SWT. Di dalam Al Qur’an, surat Ibrahim ayat 37 bahwa situs suci Ka’bah telah ada pada saat Nabi Ibrahim yang menempatkan Siti Hajar dan Nabi Ismail ketika masih bayi di lokasi tersebut.

“Ya Tuhan kami, sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah Engkau (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami (yang demikian itu) agar mereka mendirikan shalat, maka jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan beri rezekilah mereka dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.” (QS. Ibrahim: 37

Kisah pembangunan Ka'bah sendiripun tertulis dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 96. Dalam surat tersebut Allah SWT berfirman, Ka'bah merupakan tempat ibadah pertama yang dibangun di muka bumi.

اِنَّ اَوَّلَ بَيْتٍ وُّضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِيْ بِبَكَّةَ مُبٰرَكًا وَّهُدًى لِّلْعٰلَمِيْنَۚ

Artinya: Sesungguhnya rumah (ibadah) pertama yang dibangun untuk manusia, ialah (Baitullah) yang di Bakkah (Mekah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi seluruh alam.

Ka’bah yang disebut juga dengan Baitullah (Rumah Allah SWT) atau Baitul ‘Atiq(Rumah Kemerdekaan). Dibangun tembok yang berupa segi empat yang terbuat dari batu-batu yang besar yang berasal dari gunung-gunung di sekitar Mekkah. Baitullah ini dibangun di atas dasar pondasi yang kokoh. Dinding-dinding di sisi Ka’bah ini diberikan nama khusus yang ditentukan berdasarkan nama negeri ke arah mana dinding itu menghadap, terkecuali satu dinding yang diberikan nama dengan sebutan “Rukun HajarAswad” Ada sudut (rukun) atau keempat dinding tersebut antaranya:

Sebelah Utara Rukun Iraqi (Irak)

Sebelah Barat Rukun Syam (Suriah)

Sebelah Selatan Rukun Yamani (Yaman)

Sebelah Timur Rukun Aswad (Hajar Aswad)

Ka'bah sendiri merupakan kiblatnya orang Islam di seluruh dunia setiap orang yang melakukan shalat akan senantiasa mengarah (berkiblat) ke ka'bah. Ka'bah juga merupakan bangunan yang mesti di kunjungi oleh setiap muslim, ya ketika umat islam di wajibkan untuk melaksanakan Haji maka sudah barang pasti mereka yang berhaji akan mendatangi ka'bah, bahkan termasuk kedalam rukun haji. Salah satunya yaitu thawaf (mengelilingi ka'bah) dengan seraya mengucapkan talbiyah.

Ka'bah juga pernah termasuk menjadi salah satu dari 7 keajaiban dunia. Begitu melekatnya kisah dari bangunan suci ini, setiap muslim akan senantiasa ingin mengunjunginya dengan melakukan ibadah haji atau umrah.
Semoga kita semua khusunya orang muslim di berikan umur dan rezeki agar kelak bisa mengunjungi tempat suci ini.

Demikianlah pembahasan singkat mengenai tempat suci ini (ka'bah) yang senantiasa jadi kiblatnya orang muslim dan di impikan oleh setiap muslim untuk dapat mengunjunginya. Semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar untuk "Ka'bah tempat suci orang islam"