Masjid Jami’ Delhi, warisan sejarah di Delhi

Assalamu'alaikum Wr. Wb
Hallo semua!! 
Kali ini kita akan membahas salah satu masjid yang ada di kawasan Delhi India yaitu Masjid Jami' Delhi. 

MASJID JAMI' DELHI

Masjid Jami’ Delhi merupakan masjid jami’ / raya yang terletak di Kota Delhi Tua. Masjid Jami’ Delhi menjadi salah satu warisan sejarah yang sangat panjang, yaitu dari Sultan Shah Jehan, Sultan dari Kesultanan Mughal . 

Masjid Terbesar di India

Masjid ini merupakan salah satu masjid terbesar di India. Masjid ini didesain oleh Ostad Khalil dan dapat disebut sebagai replika dari Masjid Moti di Agra. Masjid Jami Delhi memiliki dua buah menara setinggi 130 kaki, tiga pintu gerbang, tiga kubah dan sebuah mimbar terbuat dari marmer. Pintu masjid dihiasi lengkungan kecil dan mempunyai tangga masuk ke ruangan dalam. Halaman masjid ini sangat luas dan mampu menampung sekitar 25.000 jemaah

Pertama kali dibangun pada tahun 1644 M dan selesai pada tahun 1658 M dan berlokasi pada area tersibuk di Kota Delhi Tua, Bazaar Road. 

Sejarah Masjid Jami’ Delhi

Masjid Jami’ delhi dibangun pada tahun 1644 M oleh Sultan Shah Jahan, yang merupakan Sultan ke-5 dari Dinasti Mughal. Kesultanan Mughal sendiri sudah mewariskan banyak sekali bangunan masjid bersejarah yang indah dan tak lekang oleh waktu.

Pada saat masa kekuasaan Sultan Shah Jahan, kekuasaan dinasti tersebut sangat luas, bahkan mencakup wilayah India, Pakistan, Bangladesh dan juga Afganistan. Kesultanan Mughal pada masa kejayaannya banyak sekali meninggalkan bangunan masjid prasejarah seperti Masjid Jami’ Agra, Masjid Jami’ Ajmer, dan Masjid Jami’ lahore.

Pembangunan masjid ini dimulai pada tanggal 19 Oktober 1650 dan melibatkan hingga 5,000 orang didalam perkerjaannya. Pada saat itu, pembangunan masjid ini menghabiskan dan asekitar 19 Lakh atau 1 Juta Rupee.

Bangunan Masjid Jami’ Delhi ini selesai dan diresmikan pada tahun 1656 Masehi, dan menjadi masjid terakhir yang didirikan oleh Sultan Shah Jahan.

Demikianlah pembahasan tentang Masjid Jami'delhi kali ini, semoga bermanfaat. Terimakasih. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb. 

Tidak ada komentar untuk "Masjid Jami’ Delhi, warisan sejarah di Delhi"