Masjidal Harom tempat sucinya orang islam

 Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Hallo sahabat!! Kali ini kita akan membahas salah satu tempat suci orang Islam, yaitu masjidilharam 



Masjid al-Haram atau al-Masjid al-Haram ( المسجد الحرام) ,  adalah sebuah masjid yang berlokasi di pusat kota Makkah yang dipandang sebagai tempat tersuci bagi umat Islam. Masjid ini juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji. Masjid ini dibangun mengelilingi Ka'bah yang menjadi arah kiblat bagi umat Islam dalam mengerjakan ibadah salat. Masjid ini juga merupakan masjid terbesar di dunia, diikuti oleh Masjid Nabawi di Madinah al-Munawarah sebagai masjid terbesar kedua di dunia serta merupakan dua masjid suci utama bagi umat muslim. Luas keseluruhan masjid ini mencapai 356800 m2 (3841000 sq ft) dengan kemampuan menampung jemaah sebanyak 820.000 jemaah ketika musim haji dan mampu bertambah menjadi dua juta jemaah ketika salat Id.

Kepentingan masjid ini sangat diperhitungkan dalam agama Islam, karena selain menjadi kiblat, masjid ini juga menjadi tempat bagi para jemaah haji melakukan beberapa ritual wajib, yaitu tawaf, dan sai.

Keutamaan

-Bagi umat Muslim, Masjidilharam memiliki beberapa keutamaan yang membuatnya menjadi sebuah masjid paling penting dalam agama Islam, yaitu:

-Merupakan tempat pertama yang digunakan untuk beribadah di muka bumi


-Merupakan tempat atau lokasi kunjungan paling utama dalam ibadah haji dan umrah


-Sebelumnya umat Muslim pernah mengarahkan kiblatnya ke Baitulmaqdis ke Masjidilharam. Seluruh umat Islam diperintah untuk memalingkan wajahnya atau hatinya ke arah Masjidilharam di mana pun berada, hal ini di perkuat dengan Surah Al-Baqarah ayat 149 dan 150. Perintah ini hampir sama derajatnya dengan perintah Allah yang lain seperti hal melakukan salat, zakat, puasa, haji sebagai wujud hati yang terikat dan ingat kepada Allah dalam segala hal duniawi ini


-Merupakan masjid yang dibangun paling awal di muka bumi. 


-Merupakan masjid paling utama di antara tiga masjid, yakni Masjid Nabawi, Masjid al-Aqsa serta Masjidilharam itu sendiri.


-Melaksanakan salat di Masjidilharam akan mendapatkan seratus ribu kali lipat kebaikan dibanding melaksanakan salat di masjid lain, kecuali Masjid Nabawi dan Masjidilaqsa. Satu kali salat di Masjid Nabawi sama dengan 1.000 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjidilharam dan Masjidilaqsa. Adapun satu kali salat di Masjidilaqsa sama dengan 250 kali salat di masjid-masjid lain, kecuali Masjidilharam dan Masjid Nabawi.


-Satu-satunya masjid yang diberikan jaminan keamanan oleh Allah, siapapun yang memasuki masjid akan merasa selamat dan aman.


-Merupakan tanah atau tempat di bumi yang dicintai Allah.


-Tidak dapat dimasuki oleh Dajal atau Almasih palsu, karena dijaga oleh ribuan malaikat.


-Tempat yang diselamatkan saat pasukan bergajah mengadang yang akan menghancurkan Ka'bah dan Masjidilharam.


Hukum

-Makkah merupakan yang tidak diizinkan dimasuki oleh penduduk selain muslim, terutama Masjidilharam karena menurut Alquran, orang musyrik adalah najis sehingga tidak diizinkan dimasuki kota Makkah.


-Tidak diizinkan membunuh atau berperang, kecuali memerangi di wilayah Masjidilharam.


-Tidak diperbolehkan memotong tumbuhan yang ada di kota Makkah, utamanya di sekitaran Masjidilharam. 


Begitu sucinya tempat ini sehingga di jadikan titik pusatnya kiblat setiap muslim, maka sungguh beruntung ornag-orang yang dapat mengunjunginya.
Demikianlah pembahasan kita kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

Tidak ada komentar untuk "Masjidal Harom tempat sucinya orang islam"