TOLONG MENOLONG DALAM KEBAIKAN

 TOLONG MENOLONG DALAM KEBAIKAN DAN KETAQWAAN

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Hallo sahabat !!

Kali ini kita akan membahas tentang salah satu perbuatan yang di anjurkan dalam islam, yaitu tolong menolong dalam kebaikan dan ketaqwaan.

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur'an Surat Al-Maidah Ayat 2:

يٰٓأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لَا تُحِلُّوا شَعٰٓئِرَ اللَّهِ وَلَا الشَّهْرَ الْحَرَامَ وَلَا الْهَدْىَ وَلَا الْقَلٰٓئِدَ وَلَآ ءَآمِّينَ الْبَيْتَ الْحَرَامَ يَبْتَغُونَ فَضْلًا مِّنْ رَّبِّهِمْ وَرِضْوٰنًا  ۚ وَإِذَا حَلَلْتُمْ فَاصْطَادُوا  ۚ وَلَا يَجْرِمَنَّكُمْ شَنَئَانُ قَوْمٍ أَنْ صَدُّوكُمْ عَنِ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ أَنْ تَعْتَدُوا  ۘ وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوٰى  ۖ وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوٰنِ  ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ  ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَاب

"Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu melanggar syi'ar-syi'ar kesucian Allah, dan jangan (melanggar kehormatan) bulan-bulan haram, jangan (mengganggu) hadyu (hewan-hewan kurban), dan Qalaid (hewan-hewan kurban yang diberi tanda), dan jangan (pula) mengganggu orang-orang yang mengunjungi Baitulharam; mereka mencari karunia dan keridaan Tuhannya. Tetapi apabila kamu telah menyelesaikan ihram, maka bolehlah kamu berburu. Jangan sampai kebencian(mu) kepada suatu kaum karena mereka menghalang-halangimu dari Masjidilharam mendorongmu berbuat melampaui batas (kepada mereka). Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan permusuhan. Bertakwalah kepada Allah, sungguh, Allah sangat berat siksa-Nya."

(QS. Al-Ma'idah 5: Ayat 2)

* Via Al-Qur'an Indonesia 

Dari ayat diatas kita semua di perintahkan untuk tolong menolong antar sesama khususnya sesama muslim. Islam sangat menjungjung tinggi nilai persaudaraan antar sesama muslim maupun orang non muslim, agama senantiasa mengajarkan untuk saling membantu namun dalam hal kebaikan saja. kita di perbolehkan membantu orang non muslim akan tetapi dalam hal yang tidak dapat merontokan aqidah. Contohnya seperti membantu mereka yang dalam kesusahan membantu gorong royong dan lain sebagainya maka itu ddi perbolehkan. Bahkan dengan sesama muslimpun kita di larang jika saling tolong menolong dalam kejahatan atau perbuatan dosa seperti kita menolong orang yang mencuri membunuh atau lain sebagainya. Islam hanya memerintahkan kita tolong menolong dalam kebaikan dan ibadah saja contohnya seperti membantu orang yang dalam kesusahan, membantu pembangunan mesjid dan lain sebagainya. 

Dengan di anjurkan nya perilaku ini maka tali persaudaraan akan senantiasa terjaga, sesama umat akan senantiasa menghargai satu sama lain serta saling melindungi di setiap keadaan. 

Oleh karena itulah kita sebagai muslim harus menjalankan salah satu anjuran agama ini dengan senantiasa berbuat baik kepada siapapun baik kepada muslim maupun non-militer muslim asalkan tidak menggoyahkan keyakinan kita. 

Demikian pembahasan kita kali ini semoga dapat bermanfaat. Terimakasih. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar untuk "TOLONG MENOLONG DALAM KEBAIKAN"