Masjid al mutawakil /Masjid Agung Samarra

Assalam'alaikum Wr. Wb
Hallo sobat!! 
Kali ini kita akan memberikan sedikit informasi tentang masjid yang berada di Irak yaitu masjid al mutawakil. Mesjid yang di bangun pada abad ke 9 dan terletak di kota samarra Irak. 

Masjid al mutawakil /Masjid Agung Samarra

Masjid al mutawakil /Masjid Agung Samarra adalah masjid yang terletak di kota Samarra, Irak, dan dibangun pada abad ke-9. Masjid ini diperintahkan untuk dibangun pada tahun 848 dan konstruksinya selesai tahun 852. Masjid ini dibangun oleh khalif Bani Abbasiyah, Al-Mutawakkil, yang berkuasa (di Samarra) dari tahun 847 sampai tahun 861.

Kompleks masjid ini sangat luas dan dindingnya di bangun dari batu bata. 

Masjid  al-Mutawakkil mempunyai menara yang berbentuk spiral yang tingginya 55 m. Menara ini di bangun 8 lantai dan di lengkapi dengan tangga memutar di bagian luar

Arsitektur masjid ini meniru struktur bangunan dari Menara Babel yang melambangkan keangkuhan, kesombongan manusia, disebut-sebut dalam Kitab Kejadian, Kitab Suci Perjanjian Lama. Namum Masjid ini memiliki arti bahwa, semakin ke atas maka hanya ada Allah SWT sebagai Tuhan segala makhluk yang ada di lagit dan bumi, yang nyata maupun yang ghaib.

Demikian pembahasan singkat tentang masjid di kota samarra ini, walaupun singkat namun semoga bermanfaat. Terimakasih. 

Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar untuk "Masjid al mutawakil /Masjid Agung Samarra"