Masjid Al-Aqsa, Sejarah Masjid Al-Aqsa, Kiblat Pertama Orang Islam

 Assalamu'alaikum Wr. Wb. 

Hallo sahabat bagaimana kabarnya,? Semoga baik-baik saja. Kali ini kita akan membahas sedikit tentang salah satu tempat suci khususnya bagi umat islam yaitu masjid Al-Aqsa. Masjid tertua di dunia setelah masjidil harom dan kiblat pertama umat islam sebelum di pindahkan ke ka'bah.



Masjid Al-Aqsa terletak di Yerusalem Timur, wilayah kota tua. Masjid Al-Aqsa dahulu adalah Baitul Maqdis, yaitu kiblat pertama umat Muslim.

Masjid Al-Aqsa merupakan kompleks masjid yang terletak di Palestina. Keberadaanya sekarang masih menjadi sengketa antara Palestina dan Israel. Kompleks ini menjadi tempat yang disucikan oleh umat Islam, Kristen, dan Yahudi.

Banyak sekali keistimewaan dari masjid ini antara lain:

-Kiblat Pertama Umat Muslim

Masjid Al-Aqsa menjadi kiblat umat Muslim generasi awal, hingga 17 bulan setelah hijrah sampai kemudian dialihkan ke Ka'bah di Masjidil Haram. Oleh karenanya Masjidil haram sangat di sucikan oleh kaum muslimin, banyak sekalai kaum muslimin yang ingin mengunjungi masjid ini karena banyak sekali sejarah yang terjadi baik karena menjadi kiblat pertama maupun karena masjid Al-Aqsa juga di jadikan tempat Isra Mi'raj nya Nabi Muhammad SAW.

Sedangkan menurut kepercayaan Yahudi, tempat yang sekarang menjadi Masjid Al-Aqsa dipercaya sebagai tempat berdirinya Bait Suci pada masa lalu. Masjid Al-Aqsa juga memiliki kaitan erat dengan para nabi dan tokoh Bani Israel yang juga disucikan dan dihormati dalam ketiga agama.

-Masjid Ke-2 di Dunia

Masjid Al-Aqsa merupakan masjid kedua yang dibangun di dunia sebagaimana hadis Abu Dzar yang diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan muslim berkata "Aku bertanya, Wahai Rasulullah, Masjid manakah yang pertama kali dibangun?" Beliau menjawab "Masjidil Haram". Aku bertanya lagi "Kemudian (Masjid) mana ?" Beliau menjawab, "Kemudian Masjidil Aqsa". Aku bertanya lagi "Berapa jarak (pembangunan) antar keduanya ?" Beliau menjawab "Empat puluh tahun" (HR Al-Bukhari dan Muslim).

-Tempat Persinggahan Isra Mi'raj

Seperti yang di jelaskan di atas, masjid Al-Aqsa dahulu pernah di jadikan tempat persinggahan Isra Mi'raj Nabi SAW sesuai dengan yang ada di dalam Al-qur'an Surat Al-Isra ayat pertama, Isra Mi'raj merupakan muzijat dari Allah dan peristiwa terbesar dalam sejarah manusia, ketika Rasulullah dipertemukan langsung dengan sang pencipta.

Rasulullah didampingi Malaikat Jibril dengan mengendarai Buraq, berangkat dari Masjidil Haram menuju Masjidil Aqsa. Di kawasan Al-Aqsa inilah, Buraq itu melintas melalui sebelah dinding barat Masjid Al-Aqsa. Untuk kemudian menuju Sidratul Muntaha, berjumpa dengan Allah Swt.

-Tempat Yang Diberkahi

Masjid Al-Aqsa merupakan tempat yang dilebihkan keberkahannya oleh Allah SWT, yang dimaksud dengan diberkahi. Karena kawasan Masjid Al-Aqsa merupakan tempat diutusnya para Nabi.

Allah berikan kesuburan tanahnya, sehingga menghasilkan aneka tanaman dan buah-buahan, serta barang tambang yang terkandung di dalamnya. Diberkahi pula mata pencahariannya, makanan pokok, dan hasil pertaniannya. Termasuk banyak tanaman, sungai dan kesuburan yang tiada putus. Dan dengan alasan itulah yang membuat zionis israel tergiur untuk menguasai Palestina salah satunya yerusalem kawasan masjid al Aqsa. 


Demikian pembahasan singkat mengenai masjid al Aqsa ini semoga bermanfaat, dan dapat menambahkab kecintaan kita terhadap bangunan bersejarah ini. TerimakasihTerimakasih. 


Wassalamu'alaikum Wr. Wb

Tidak ada komentar untuk "Masjid Al-Aqsa, Sejarah Masjid Al-Aqsa, Kiblat Pertama Orang Islam"